Situs Kuno 5000 Tahun

Posted by Foggy on 05:24 PM, 05-Jan-12 • Under: Sejarah

situs yunani 5000 thn
Yunani merupakan salah satu tempat asal muasal peradaban manusia, di negeri itu terdapat peninggalan kebudayaan serta jejak sejarah yang tak terhitung banyaknya. Namun baru-baru ini, temuan suatu tim arkeologi gabungan antara Inggris dan Yunani tetap saja menggemparkan kalangan arkeolog di seluruh dunia. Mereka telah menemukan sebuah kota kuno berusia lebih dari 5.000 tahun di perairan dekat Neapolis, sebelah selatan kepulauan Peloponnese.

Menurut pemberitaan The Guardian Inggris, tim gabungan arkeolog Inggris dan Yunani berikut para ahli geologi kelautan menamakan kota kuno ini Pavlopetri, yang dapat dimanfaatkan untuk menelusuri kembali zaman kepahlawanan epik Homer sekitar 5.000 tahun silam. Skala dan details Pavlopetri yang begitu besar belum pernah ada sebelumnya.

Profesor Jon Henderson selaku dosen pembantu ilmu arkeologi bawah air dari University of Nottingham menyatakan, tidak diragukan lagi bahwa kota kuno ini merupakan kota kuno bawah air yang tertua yang pernah ditemukan di seluruh dunia.

"Jejak peninggalan ini dapat dimanfaatkan untuk menelusuri antara 2.800 SM - 1.200 SM, yang bahkan jauh lebih lama daripada zaman keemasan Yunani. Di dunia pernah ditemukan jejak peninggalan kota kuno bawah air yang lebih tua lagi, namun temuan itu merupakan kota yang tidak tertata rapi seperti tatanan pada kota Pavlopetri, temuan kali ini benar¡Vbenar tiada duanya."

Situs temuan Pavlopetri ini memiliki luas hampir 30.000 meter persegi, dan diyakini tenggelam ke dasar lautan sekitar 1.000 tahun lalu. Lebih dari 40 tahun lalu pakar kelautan Inggris telah menemukan situs ini, namun hingga saat ini dengan dibantu teknik perhitungan modern para arkeolog baru dapat melakukan penelitian yang lebih mendetail terhadap situs tersebut.

Di dalam situs Pavlopetri ini terdapat rumah, taman, jalan utama, kuburan, dan juga bangunan keagamaan. Di dasar laut itu juga ditemukan ribuan serpihan alat-alat dari keramik. Henderson mengatakan, "Kami berhasil menemukan keramik yang dapat menelusuri hingga berakhirnya zaman batu, hal ini juga membuktikan bahwa kota ini sudah ada sejak sekitar 5.000 tahun silam, atau sekitar 1.200 tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya."

Henderson juga mengatakan, "Penelitian kami juga mendapati adanya bangunan baru seluas 9000 meter persegi. Namun yang paling mengagetkan kami adalah kemungkinan telah ditemukannya suatu megaron (aula tengah yang sangat besar), yakni suatu bangunan persegi panjang dengan aula raksasa di dalamnya. Ini membuktikan bahwa kota ini pernah diduduki oleh suatu kelompok yang berkemampuan sangat tinggi, sehingga status kota kuno ini pun tidak bisa dianggap remeh."

Ahli geologi kelautan hingga saat ini masih belum dapat memperkirakan penyebab tenggelamnya kota ini. Sebagian teori mengatakan: pergeseran permukaan laut, turunnya permukaan tanah akibat gempa, tsunami, dan lain sebagainya.

Dimitri dari Pusat Riset Kelautan Yunani mengatakan, tenggelamnya kota kuno kemungkinan adalah akibat efek gabungan dari dua penyebab pertama tersebut. Ia berkata, "Pavlopetri dinobatkan sebagai kota tertua yang tenggelam ke dasar lautan sangat mencengangkan semua orang. Kota itu telah memperlihatkan pada kami bagaimana orang-orang pada zaman itu hidup."

Ini adalah pertama kalinya ditemukan kota bawah air di perairan Yunani.
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

1 responses to "Situs Kuno 5000 Tahun"

Stitte on 05:35 AM, 03-Feb-12

hi??

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images